Cara Mudah Mengetahui Arah Kiblat, Hanya Pakai HP tanpa Kompas dan Aplikasi Tambahan

Posted on

Sebagai seorang Muslim, melaksanakan shalat lima waktu merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, tanpa terkecuali, di mana pun kita berada. Sejak jaman Nabi Adam Alaihissala, Allah telah memerintahkan Manusia untuk mengerjakan sholat.

Hadis dalam Alquran tentang perintah sholat kepada Nabi Adam yakni surat Maryam ayat 58 :
“Mereka itulah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yakni para nabi keturunan Adam, orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, keturunan Ibrahim dan Israil (Ya‘qub), serta orang yang telah Kami beri petunjuk dan Kami pilih. Apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Allah Yang Maha Pengasih, mereka tunduk, sujud, dan menangis”.

Selain pada surat Maryam Ayat 58, Allah berfirman dalam surat lain yakni Ibrahim Ayat 37
“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak ada tanamannya (dan berada) di sisi rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami, (demikian itu kami lakukan) agar mereka melaksanakan shalat. Maka, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan anugerahilah mereka rezeki dari buah-buahan. Mudah-mudahan mereka bersyukur.”

Hal ini juga menegaskan bahwa Allah telah memerintahkan untuk mengerjakan sholat kepada Nabi-Nabi setelah Nabi Adam, hingga perintah sholat tersebut diturunkan sampai kepada umat Rasulullah.

Perintah ini disampaikan langsung di dalam Al-Qur’an. Shalat lima waktu baru diwajibkan setelah terjadinya peristiwa Isra Mi’raj. Dalam Isra Mi’raj tersebut disebutkan bahwa Nabi Muhammad salat terlebih dahulu di Al-Jami’ Al-Aqsha sebelum naik ke langit dan berjumpa dengan para nabi yang lainnya.
“Bacalah (Nabi Muhammad) Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu dan tegakkanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Sungguh, mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya daripada ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Cara Ketahui Arah Kiblat Sholat
Cara Ketahui Arah Kiblat Sholat, fbcont.com

Cara Menentukan Arah Kiblat Untuk Sholat

Untuk membantu memudahkan umat Muslim dalam menjalankan kewajiban sholat, terdapat berbagai cara dan alternatif yang dapat digunakan. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik adalah menentukan arah kiblat, yang sering kali menimbulkan kebingungan saat berada di tempat baru.

Baca Juga  Mengetahui Fitur Terbaik Aplikasi Forex MetaTrader 4 untuk Perdagangan yang Efektif

Untuk memastikan kita menghadap ke arah yang tepat saat beribadah, terdapat beberapa solusi praktis yang bisa kita gunakan. Pertama, kita dapat menggunakan kompas digital atau aplikasi kiblat yang tersedia di ponsel pintar kita. Dengan menggunakan teknologi ini, kita dapat menentukan arah kiblat dengan mudah dan cepat, tanpa kebingungan.

Selain itu, di beberapa tempat, terutama di masjid-masjid besar atau gedung-gedung publik, biasanya terdapat penanda arah kiblat yang jelas. Kita dapat mencari tanda atau panah yang menunjukkan arah kiblat tersebut, sehingga kita tidak perlu khawatir tentang kebingungan saat akan melaksanakan sholat.

Jika kita sedang berada di luar ruangan atau di tempat yang sulit menentukan arah kiblat, kita juga bisa meminta bantuan kepada orang yang lebih familiar dengan tempat tersebut atau kepada anggota komunitas Muslim setempat. Mereka biasanya akan dengan senang hati membantu kita menemukan arah kiblat yang benar.

Dengan menggunakan beberapa solusi praktis ini, kita dapat dengan mudah menjaga kewajiban sholat dan tetap menghadap ke arah kiblat yang benar, di mana pun kita berada. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada kita dalam melaksanakan ibadah dan memperkuat iman kita sebagai umat Muslim.

Menentukan Arah Kiblat Menggunakan HP tanpa Kompas dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Pada umumnya HP jaman sekarang terutama yang menggunakan sistem operasi Android telah dilengkapi dengan Google Map. Dengan menggukan Google Map tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui arah kiblat dengan Akurat, berikut caranya :

  1. Buka Aplikasi Google Map dan pastikan Anda telah terhubung ke Internet.
  2. Hidupkan GPS dan sinkronkan dengan lokasi Anda saat ini.
  3. Buka Aplikasi Google Map yang merupakan bawaan HP Anda, bisa juga melalui Browser.
  4. Cari Kabah / Kaaba / Ka’bah pada Kolom Pencarian.
  5. Tekan atau sentuh agak lama pada titik pusat Kabah yang bukan pin tempat, sampai pin merah baru muncul.
  6. Cari Measure Distance atau Ukur Jarak pada menu pilihan yang muncul.
  7. Tekan tombol lingkaran pada posisi kanan bawah sampai peta dan lingkaran hitam bergerak menuju lokasi Anda sekarang.
  8. Sampai sini maka sudah selesai. Garis biru yang menghubugkan lokasi Anda dan Kabah akan berada pada posisi lurus.
  9. Selanjutnya tinggal menentukan arah kiblat sesuai dengan lokasi Anda saat ini sesuai dengan petunjuk tersebut.
Baca Juga  5 Aplikasi Speedometer Canggih untuk Mengukur Kecepatan Berkendara!

Metode yang disebutkan di atas sangatlah mudah dan praktis dalam menentukan arah kiblat, serta memberikan kemudahan bagi Anda untuk melaksanakan shalat menghadap kiblat dengan tepat.

Dengan mengaktifkan fitur GPS pada ponsel Anda dan menggunakan aplikasi yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mengetahui arah kiblat yang akurat di lokasi terkini. Ini memberikan kemudahan bagi setiap Muslim untuk menjalankan kewajiban shalat di mana pun mereka berada, tanpa harus merasa kebingungan atau ragu mengenai arah yang benar.

Ketepatan dalam menghadap kiblat saat beribadah memiliki makna yang penting dalam menjaga kesempurnaan ibadah. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat merasakan kenyamanan dan keyakinan dalam melaksanakan shalat, mengetahui bahwa Anda menghadap ke arah yang ditentukan oleh syariat.

Marilah kita mengambil manfaat dari perkembangan teknologi ini untuk memudahkan pelaksanaan ibadah kita sehari-hari. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan kepada kita dalam menjalankan kewajiban shalat dan memperkuat ikatan spiritual kita sebagai umat Muslim yang taat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *